Senin, 12 Oktober 2009

Metode Riset

PENGARUH KUALITAS TEKNIK, KULITAS FUNGSIONAL, DAN AKTIVITAS PEMASARAN TRADISIONAL TERHADAP CITRA PERUSAHAAN PT. TELKOM KANTOR DAERAH TASIKMALAYA
Kartawan, Toto Sugiharto, Sumarna
Pascasarjana Universitas Gunadarma
PT. Telkom Tasikmalaya

Mengglobalnya dunia ditandai dengan semakin tingginya mobilitas barang dan juga orang dari suatu tempat ke tempat lain, yang sekaligus membawa konsekuensi kepada semakin ketatnya persaingan bisnis. Kondisi ini telah mendorong semua perusahaan berpikir untuk mencari solusi bagaimana agar perusahaan tetap bertahan dan memnangkan persaingan. Oleh karena itu perusahaan-perusahaan senantiasa berusaha semaksimal mungkin untuk mencari pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lamanya dengan berbagai strategi. Salah satu strategi yang dapat dipergunakan, yaitu dengan membangun citra perusahaan.

Citra mempunyai kekuatan di luar perusahaan, yang akan menambah nilai bagi produk atau jasa perusahaan (Kotler dan Armstrong 1997). Oleh karenanya citra mempunyai peran penting dalam perusahaan, karena dapat mempengaruhi persepsi konsumen (Zeihaml dan Bitner 1996). Baik buruknya citra perusahaan dapat diukur melalui pengalaman konsumen dalam menikmati output dari aktivitas perusahaan. Jika masyarakat merasakan bahwa pengalamannya sangat memuaskan dirinya, maka secara langsung ataupun tidak langsung dia akan memberikan kesan baik kepada perusahaan. Konsumen akan beralih ke perusahaan lain jika ia merasakan adanya citra buruk dari perusahaan langganannya.

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mengukur dan menganalisis persepsi konsumen tentang citra PT. Telkom Kendatel Tasikmalaya. 2) Mengkur pengaruh dari kualitas teknikal, kualitas fungsional, dan aktivitas pemasaran tradisional terhadap citra PT. Telkom Kendatel Tasikmalaya.

Hasil dari penelitian ini adalah 1) menunjukkan bahwa PT Telkom Kantor Daerah Tasikmalaya memiliki citra dalam kategori baik dihadapan pelanggannya. 2) Dimensi-dimensi yang terdapat pada variabel kualitas teknik, fungsional, dan aktivitas pemasaran tradisional berkorelasi positif dengan citra perusahaan. 3)Secara serempak variabel kualitas teknik, fungsional, dan pemasaran tradisional berpengaruh nyata pada citra perusahaan. Sedangkan secara parsial hanya variabel kualitas teknik dan aktivitas pemasaran tradisional yang berpengaruh nyata terhadap pembentukan citra perusahaan. Hal ini mengindikasikan bahwa meskipun secara individu variabel kualitas fungsional tidak berpengaruh nyata terhadap pembentukkan citra perusahaan, namun ketika dipadukan dengan dua variabel lainnya, variabel ini mempunyai kontribusi dalam meningkatkan citra perusahaan.




Metode Penelitian
Tekinik pengambilan sampel
Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Telkom yang berada di wilayah Kodya Tasikmalaya, sebanyak 22.475 pelanggan. Ukuran contoh ditentukan dengan menggunakan formulasi berikut.

n= N
1+ Ne2

dimana:
n= Ukuran sampel yang diperlukan
N= Ukuran populasi
e2=Tingkat kesalahan 10%
Mengggunakan rumus di atas maka sampel yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah 100.

Opersionalisasi Variabel
Penelitian ini variable yang dikaji adalah kualitas teknik, kualitas fungsional, pemasaran tradisonal dan citra pemasaran. Dalam kualitas teknik berkaitan dengan fasilitas dan penampilan pelayanan. Variabel ini diukur dengan dimensi: penampilan fisik pegawai, penampilan fisik PT Telkom Tasikmalaya, peralatan yang digunakan perusahaan, kenyamanan, dan kebersihan, pengetahuan teknik pegawai, ketersediaan jaringan. Sedangkan kualitas fungsional adlaha proses pelayanan berupa interaksi antara PT Telkom dengan pelanggan. Variabel ini diukur dengan menggunakan dimensi: Kesopanan dan keramahan, profesionalisme petugas, dan kecepatan petugas. Sedangkan pemasaran tradisional berupa promosi dan penempatan tariff. Variabel ini di ukur dengan: iklan, informasi dari mulut ke mulut, kegiatan social, dan kewajaran tariff abonemen.

Analisis data
Penelitan ini menggunakan kuisoner yang diuji dengan 2 cara yaitu uji validitas dan reliabilitas. Kemudian data diolah dengan menggunakan analisis regresi dan korelasi.

Rumus regresi: y=a + bx
Rumus korelasi: y= n∑xy - ∑x∑y
√(n∑x2-(∑x2)(n∑y2-(∑y2))

Metode Riset


PERILAKU DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN RESTORAN MELALUI STIMULUS 50% DISCOUNT DI SURABAYA

Hatane Samuel
Fakultas Ekonomi, Universitas Kristen PetraSurabaya

Annete Veronica Kosasih, Hellen Novia
Praktisi Bisnis dan Alumni Fakultas Ekonomi, Univ. Kristen Petra – Surabaya


Penggunaan Promosi “50% Discount” merupakan sebuah fenomena yang menarik di kalangan bisnis retail, sebagai salah satu strtegi pemasaran perusahaan. Penggunaan strategi pemasaran dengan 50% discount di restoran dapat menjadi stimulus terhadap keputusan pembelian konsumen. Perilaku konsumen diamati melalui faktor-faktor tersebut, yaitu faktor social, personl, psikologis, dan budaya, sedangkan keputusan pembelian diamati melalui bentuk proses pengambilan keputusan pembelian.





Penelitian ini bertujuan menguji dan menganalisis hubungan kausal antara varibel independen (perilaku dan keputusan pembelian konsumen) dan dependen (stimulus), sekaligus memeriksa validitas dan reliabilitas instrumen penelitian secara keseluruhan.



Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif kausal dimana variabel bebas dalam penelitian ini adalah faktor-faktor perilku konsumen yang terdiri dari faktor social, psikologis, personal, dan budaya. Sedangkan variabel terikat adalah keputusn pembelian. Selain itu penelitian ini juga menggunakan teknik anlisis Structural Equation Modelling (SEM) dengan menggunkan paket program AMOS versi 4.0. SEM merupakan sekumpulan teknik-teknik yang memungkinkan beberapa variabel dependen dengan beberapa variabel independen secara simultan.


Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) terdapat dampak stimulus program 50% discount terhadap variabel perilaku pembelian psikologikal dan social terhadap keputusan pembelian konsumen. Hal ini ditunjukkan dengan adanya pengaruh positif signifikan antara variabel psikologikal dan sosial terhadap variabel keputusan pembelian. 2) Tidak ada dampak program 50% discount terhadap variabel budaya dan personal terhadap keputusan pembelian konsumen.

Senin, 05 Oktober 2009

portofolio nilai metode riset

Portofolio Nilai Saya

judul
tugas individu
tugas kelompok
minggu ke-1
Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Pemanfaatan Sistem Informasi dan Penggunaan Sistem Informasi
85
90
minggu ke-2
PERILAKU DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN RESTORAN MELALUI STIMULUS 50%

70
75
minggu ke-3
PENGARUH KUALITAS TEKNIK, KULITAS FUNGSIONAL, DAN AKTIVITAS PEMASARAN TRADISIONAL TERHADAP CITRA PERUSAHAAN PT. TELKOM KANTOR DAERAH TASIKMALAYA

90
-
minggu ke-4
kerangka penelitian ilmah data sekunder
-
100
minggu ke-5
Powered By Blogger