Senin, 12 Oktober 2009

Metode Riset


PERILAKU DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN RESTORAN MELALUI STIMULUS 50% DISCOUNT DI SURABAYA

Hatane Samuel
Fakultas Ekonomi, Universitas Kristen PetraSurabaya

Annete Veronica Kosasih, Hellen Novia
Praktisi Bisnis dan Alumni Fakultas Ekonomi, Univ. Kristen Petra – Surabaya


Penggunaan Promosi “50% Discount” merupakan sebuah fenomena yang menarik di kalangan bisnis retail, sebagai salah satu strtegi pemasaran perusahaan. Penggunaan strategi pemasaran dengan 50% discount di restoran dapat menjadi stimulus terhadap keputusan pembelian konsumen. Perilaku konsumen diamati melalui faktor-faktor tersebut, yaitu faktor social, personl, psikologis, dan budaya, sedangkan keputusan pembelian diamati melalui bentuk proses pengambilan keputusan pembelian.





Penelitian ini bertujuan menguji dan menganalisis hubungan kausal antara varibel independen (perilaku dan keputusan pembelian konsumen) dan dependen (stimulus), sekaligus memeriksa validitas dan reliabilitas instrumen penelitian secara keseluruhan.



Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif kausal dimana variabel bebas dalam penelitian ini adalah faktor-faktor perilku konsumen yang terdiri dari faktor social, psikologis, personal, dan budaya. Sedangkan variabel terikat adalah keputusn pembelian. Selain itu penelitian ini juga menggunakan teknik anlisis Structural Equation Modelling (SEM) dengan menggunkan paket program AMOS versi 4.0. SEM merupakan sekumpulan teknik-teknik yang memungkinkan beberapa variabel dependen dengan beberapa variabel independen secara simultan.


Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) terdapat dampak stimulus program 50% discount terhadap variabel perilaku pembelian psikologikal dan social terhadap keputusan pembelian konsumen. Hal ini ditunjukkan dengan adanya pengaruh positif signifikan antara variabel psikologikal dan sosial terhadap variabel keputusan pembelian. 2) Tidak ada dampak program 50% discount terhadap variabel budaya dan personal terhadap keputusan pembelian konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

di komen yaa ^_^

Powered By Blogger