Sabtu, 24 April 2010

Tugas 2


Membuat contoh paragraph Generalisasi, Analogi, dan Hubungan Kausal.

Paragraf Generalisasi
                Dari 7 kali pertemuan terakhir Arsenal belum pernah kalah melawan Manchaster United, yaitu 4 kali menang dan sisanya imbang. Ini membuktikan bahwa Arsenal lebih kuat dibandingkan Manchaster United. Dan kemungkinan besar Arsenal akan kembali menang pada pertandingan malam nanti mengingat sejumlah pemain pilar MU terbekap cedera.


Paragraf Analogi
                Sifat manusia ibarat padi yang terhampar di sawah yang luas. Ketika manusia itu meraih kepandaian, kebesaran, dan kekayaan, sifatnya akan menjadi rendah hati dan dermawan. Begitu pula dengan padi yang semakin berisi, ia akan semakin merunduk. Apabila padi itu kosong, ia akan berdiri tegak. Demikian pula dengan manusia yang tidak berilmu dan tidak berperasaan, ia akan sombong dan garang. Oleh karena itu, kita sebagai manusia apabila diberi kepandaian dan kelebihan, bersikaplah seperti padi yang selalu merunduk.


Paragraf hubungan kausal
                Cuaca akhir-akhir ini semakin ekstrim. Hujan deras yang terus mengguyur kawasan Jakarta dan sekitarnya  selama 3 hari berturut-turut. Ditambah sistem drainase yang buruk karena saluran air tersumbat oleh sampah, dan juga karena masih banyak warga Jakarta yang membuang sampah di kali. Maka tidak heran bila banjir terjadi di beberapa daerah Ibu Kota.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

di komen yaa ^_^

Powered By Blogger