Selasa, 18 Mei 2010

INDUSTRI MUSIK DI INDONESIA YANG SERAGAM

Industri music di Indonesia saat ini memang sedang baik. Ini dibuktikan dengan banyaknya band-band baru yang terus bermunculan. Selain itu permintaan terahadap RBT juga semakin banyak. Tapi dari band-band yang bermunculan tersebut banyak menganut aliran yang seragam atau sejenis, yaitu beraliran metal (mellow total). Mengapa bisa demikian?

Pertama, ini disebabkan dari pihak produser yang menginginkan band yang dinaungi beraliran demikian. Produser hanya menginginkan keuntungan yang akan diperoleh dari penjualan RBT dan lain-lain. Bahkan kadang sebuah band menghilangkan idealismenya demi mendapatkan kesempatan rekaman.

Kedua, dari masyarakat itu sendiri atau dalam hal ini adalah pendengar/penikmat music. Masyarakat cenderung menginginkan music yang easy listening. Sehingga para produser menginginan band-nya beraliran yang demkian. Entah mengapa masyarakat lebih banyak memilih music yang easy listening. Mungkin karena keadaan ekonomi dan beban hidup yang cukup berat sehingga menginginkan music yang santai-santai saja.

Ketiga, masih maraknya pembajakan di Indonesia. Pembajakan seperti sudah “legal” di negeri ini. Tidak ada tindakan tegas dari pihak berwenang untuk memberantas pembajakan ini. Padahal sanksinya sudah jelas tertulis di Undang-undang. Harusnya pemerintah lebih tegas terhadap pembajak yang merugikan ini, sehingga musisi-musisi di negeri ini tidak lagi dirugikan.

Semoga kedepan industry music di Indonesia lebih maju lagi dan bebas dari pembajakan. Dan semoga musisi di Indonesia lebih kreatif dengan menciptakan lagu yang lebih bervariasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

di komen yaa ^_^

Powered By Blogger